Punya Makna Khusus, Ini Arti Kode Huruf pada Perhiasan Emas yang Penting Dipahami

Apakah kamu pernah menyadari jika di setiap produk perhiasan emas memiliki kode huruf serta kadar kemurnian dengan satuan karat? Bagi yang tidak tahu, kode huruf tersebut mungkin hanya dianggap sebagai tanda tanpa makna dan tak menunjukkan informasi apa pun terkait produk perhiasan emas. 

Padahal, kode huruf pada perhiasan emas ini menyiratkan makna penting yang wajib dipahami oleh pembelinya. Lalu, apa maksud dari kode huruf di perhiasan emas ini dan alasannya harus dimengerti artinya? Nah, untuk memahami tentang makna kode huruf pada perhiasan emas ini, simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Maksud Kode Huruf pada Perhiasan Emas

Bagi yang gemar membeli perhiasan emas, entah itu sebagai aksesoris, koleksi pribadi, ataupun investasi, kamu pasti menyadari jika ada kode huruf dan angka tertentu pada produknya. Misalnya, angka emas seperti 375,500, serta 700 adalah kode yang menunjukkan tentang kadar karat atau kemurnian emas di sebuah perhiasan. 

Lantas, bagaimana dengan kode huruf di produk perhiasan emas ini? Di Indonesia, kode huruf pada perhiasan emas menunjukkan tentang identitas dari pabrik yang membuat atau memproduksinya. Setiap emas batangan serta emas perhiasan yang tersedia pada pasar Indonesia ini pasti mempunyai kode huruf berbeda. 

Kode huruf yang dicetak pada produk emas ini juga memiliki kode angka dan mengacu pada satuan karat atau tingkat kemurniannya. Kode-kode tersebut dicetak pada bagian permukaan emas perhiasan atau emas batangan sehingga mudah untuk dicermati oleh pihak pembeli atau penjualnya. 

Sebagai contoh, berikut adalah beberapa kode huruf perhiasan emas dan artinya yang umum ditemui pada pasar emas di Indonesia.

  • UBS: Emas yang diproduksi UBS Gold.
  • KH: Emas yang diproduksi King Halim.
  • MT: Emas yang diproduksi MT Jewelry.

Selain itu, ada beragam kode huruf lain pada produk perhiasan emas yang bisa kamu temui saat menjelajah pasar emas perhiasan di Indonesia, antara lain, PR, LGT, DY, RS, HT, BMW, HWT, HG, dan Lotus. 

Di samping itu, pada pasar emas dunia atau global, kode huruf yang tercantum menunjukkan tentang kadar karat atau kemurnian emas. Contohnya adalah sebagai berikut.

Kode Huruf

Makna

P

Menandakan kepastian terkait kemurnian emas dengan akurat atau exact, misalnya 10 KP menunjukkan persentase karat emas adalah 41,7 persen atau 10 karat.

GP

Merupakan kependekan dari istilah gold plated, kode huruf ini mengindikasikan perhiasan mempunyai lapisan emas serta bukan emas murni. Misalnya, kode 20K GP berarti perhiasan emas memiliki bahan dasar logam yang dilapisi emas 20 karat.

RGP/RG

RGP atau RG memiliki arti rolled gold plate ataupun rolled gold. Emas dengan kode ini memiliki kandungan emas hingga 100 kali lipat lebih banyak ketimbang rerata emas yang memiliki kode GP.

GEP/GE

GEP atau GE adalah kependekan dari istilah gold electroplated, yaitu perhiasan dengan kandungan lapisan emas dari proses electroplating alias pelapisan menggunakan teknologi elektro.

GF

Kode ini memiliki kepanjangan gold filled yang menandakan jika perhiasan mempunyai lapisan emas tebal.

HGE

HGE yang memiliki kepanjangan heavy gold electroplated. Maksud dari kode ini adalah perhiasan mempunyai lapisan emas lebih tebal dibanding dengan produk dengan kode GE atau GP.

Maksud Kode Huruf di Perhiasan Emas Putih

Di samping kode huruf emas secara umum yang telah dijelaskan di atas, ada beragam kode huruf yang terdapat di produk perhiasan emas putih. Kode huruf di produk emas putih mempunyai makna yang berbeda, antara lain:

  • PT mengindikasikan emas putih dibuat dengan platinum.
  • PD mengindikasikan emas putih dibuat dengan paladium.
  • WG mengindikasikan emas putih dibuat dengan emas putih atau white gold.
  • WP mengindikasikan emas putih dibuat dengan platinum putih atau white platinum.

Tak hanya kode hurufnya, emas putih juga memiliki kode angka, seperti 14K atau 18K yang menunjukkan kadar kemurnian emas.

Tentang Kode Huruf XP di Perhiasan Emas Tertentu

Dari pembahasan sebelumnya, belum dijelaskan tentang maksud kode huruf XP yang biasanya tercantum pada produk emas. Memiliki arti khusus, maksud dari kode XP ini adalah perhiasan emas dengan material atau bahan yang disebut Xuping. Xuping sendiri adalah bahan yang terbuat dari kombinasi emas, tembaga, dan perak. 

Kode XP kerap digunakan pada pembuatan perhiasan imitasi menyerupai emas asli atau murni. Jika memiliki kode ini, perhiasan emas tergolong memiliki daya tahan yang tinggi dan awet saat dirawat dengan tepat. Tapi, kualitasnya bisa dibilang relatif lebih rendah ketimbang perhiasan dari emas asli dengan kadar karat lebih tinggi. 

Pentingnya Pahami Kode Huruf pada Perhiasan Emas agar Tak Tertipu

Bukan sekadar tanda acak, kode huruf pada perhiasan emas ternyata memiliki makna yang sangat penting dipahami oleh pembelinya. Menunjukkan kualitas dan kadar karat, kamu tentu perlu mengerti tentang kode-kode emas tersebut. Dengan begitu, risiko tertipu karena membeli emas perhiasan yang tak sesuai kualitas dan kadar karat yang tercantum pada kode huruf ini bisa dihindari.