Bantu Ketahui Kualitas dan Keasliannya, Ini Pengertian Kode Emas dan Tingkatannya

Pertumbuhan nilai emas yang begitu menjanjikan dan stabil selama beberapa dekade lalu menjadi bukti nyata tentang potensinya sebagai instrumen investasi. Banyak orang tertarik untuk investasi emas karena percaya jika nilainya akan terus meningkat seiring waktu.

Tapi, tahukah kamu jika pada investasi emas, ada cara mudah bagi investor untuk mengenali kualitas, kadar karat, dan keaslian produknya? Caranya dengan melihat kode emas yang tertera di permukaan produknya. 

Lantas, apa yang dimaksud dengan kode emas ini sebenarnya? Juga, informasi apa saja yang bisa diketahui dari melihat kode emas tersebut? Nah, untuk mengetahui jawabannya, simak penjelasan tentang kode emas berikut ini. 

Mulai Investasi Emas Sekarang!

Apa Itu Kode Emas?

loader

Kode Emas

Secara sederhana, kode emas adalah angka yang tercantum pada bagian permukaan produk emas, baik itu emas batangan atau emas perhiasan. Kode angka ini menunjukkan tingkat kemurnian emas, mulai dari kode emas 150, 450, 700, sampai 999. Masing-masing kode tersebut menunjukkan informasi berbeda mengenai kadar karat dari produk emas yang bersangkutan. 

Sebagai contoh, emas dengan kode 150 memiliki kadar emas setara 15 persen, sementara 85 persen sisanya merupakan campuran logam lain. Contoh lainnya, kode emas 875 mengacu pada produk emas dengan tingkat kemurnian 87,5 persen atau bisa juga disebut 21 karat. 

Selain menunjukkan tingkat kemurnian emas, kode tersebut juga bisa menjadi karakteristik keasliannya. Meski begitu, kamu tetap perlu mencermati ciri dan tips membeli emas yang asli lain agar terhindar dari risiko penipuan atau mendapatkan produk tiruan alias palsu.

Contoh Kode Emas Muda 

Di kalangan investor emas Indonesia dikenal istilah emas muda dan emas tua. Kedua kategori emas ini bisa dibedakan berdasarkan dari tingkat kemurnian yang tercantum pada kode emasnya. 

Yang termasuk sebagai emas muda sendiri adalah emas yang memiliki kadar karat kurang dari 70 persen. Berikut adalah beberapa contoh kode emas muda yang perlu kamu ketahui.

Kode

Penjelasan

Emas 150

Kode emas ini menunjukkan emas memiliki tingkat kemurnian 15 persen. Contohnya adalah perusahaan yang memakai kode Gold Bond atau GB150.

Emas 300

Memiliki kadar emas lebih tinggi, kode ini menunjukkan tingkat kemurnian emas 30 persen dengan campuran logam lain mencapai 70 persen.

Emas 375

Kode emas ini menunjukkan tingkat kemurnian emas sejumlah 37,5 persen, atau bisa juga disebut sebagai emas 9 karat alias 9K.

Emas 400

Emas dengan kode 400 mempunyai arti kadar karat setara 40 persen dan logam campurannya sekitar 60 persen. Akan tetapi, kode emas 400 ini cenderung semakin langka sebab produsen lebih sering memproduksi emas dengan kadar kemurnian 37,5 persen.

Emas 585

Kode emas ini menunjukkan tingkat kemurnian emas mencapai 58,5 persen dan menjadi kode emas yang paling sering dijumpai pada produk emas perhiasan.

Contoh Kode Emas Tua

Berbeda dengan emas muda, emas tua memiliki tingkat kemurnian yang lebih tinggi atau biasanya di atas 70 persen. Berikut adalah beberapa contoh kode emas tua.

Kode

Penjelasan

Emas 700

Menjadi jenis produk emas yang populer di pasaran, emas 700 mempunyai kadar kemurnian mencapai 70 persen. Dengan minat yang tinggi oleh masyarakat, jangan heran jika kamu sering melihat produk emas dengan kode ini di toko ataupun tempat jual beli emas.

Emas 875

Selanjutnya ada emas dengan kode 875 yang mempunyai tingkat kemurnian sekitar 87,5 persen.

Emas 999

Lalu, untuk emas murni dengan kadar 24 karat atau 24K memiliki kode emas 999. Sesuai angka yang tertera tersebut, kode emas ini menunjukkan tingkat kemurnian emas yang mencapai 99,9 persen dan biasanya ditemukan pada emas batangan yang tak memiliki campuran logam lain di dalamnya.

Jangan Lupa Cek Kode Emas agar Tahu Tingkat Kemurnian Emas yang Ingin Dibeli

Dari penjelasan di atas, bisa dipahami jika kode emas merupakan angka unik yang menunjukkan tingkat kemurnian atau kadar karat dari produk emas. Kode ini menjadi cap khusus berisi informasi penting bagi investor atau pembeli emas agar mengetahui asli atau tidaknya produk tersebut. Walaupun begitu, pahami tips aman membeli emas lain agar mampu terhindar dari risiko penipuan atau membeli emas yang tak sesuai harga sebenarnya.