Aman dan Cuan Maksimal, Begini Cara Investasi Emas yang Cocok untuk Pemula

Ketika berencana untuk terjun ke dunia investasi emas, tidak sedikit dari kamu yang masih merasa ragu karena tidak tahu bagaimana cara melakukannya. Meski tergolong sebagai instrumen investasi yang ramah pemula, tapi investasi emas tetap harus dilakukan dengan cara yang benar agar bisa mendulang keuntungan secara maksimal.

Di samping itu, harganya yang mahal juga membuat investasi di logam mulia ini perlu dimulai dengan persiapan yang matang agar tak berdampak buruk bagi kondisi keuangan. Nah, jika kamu ingin tahu tentang bagaimana cara investasi emas dengan aman dan cuan maksimal, termasuk rekomendasi tempat untuk memulainya, simak panduan lengkapnya berikut ini. 

Mulai Investasi Emas Sekarang!

Cara Investasi Emas dengan Tepat dan Aman

Dalam investasi emas, ada 6 cara jitu yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara investasi emas dengan tepat dan aman bagi pemula.

  1. Tetapkan Tujuan

    Jika ingin sukses berinvestasi emas, kamu harus lebih dulu menentukan tujuannya dengan jelas. Ibarat fondasi sebuah bangunan, tujuan tersebut bisa membuat aktivitas investasi emas terus dilakukan hingga berhasil tercapai. Selain itu, tujuan juga berkaitan erat dengan penentuan strategi, jangka waktu, serta nominal dana yang perlu diinvestasikan setiap bulan. 

  2. Pahami Kondisi Keuangan

    Setelah menentukan tujuan, langkah selanjutnya adalah memahami kondisi keuangan diri. Tergantung dari tujuan yang ingin diraih, rencana investasi emas perlu disesuaikan dengan kemampuan finansial agar kebutuhan lain yang tak kalah penting tetap bisa terpenuhi. 

    Sebagai contoh, kamu bisa menyisihkan dana sekitar 10 sampai 15 persen dari pendapatan bulanan untuk investasi emas. Jadi, ruang bagi keuangan untuk memenuhi kebutuhan primer seperti biaya bulanan, cicilan, hingga dana darurat masih tersedia. Jangan sampai mengalokasikan dana investasi terlalu besar hingga berisiko membuat kebutuhan harian tak terpenuhi karena malah bisa membuat kondisi keuangan berantakan. 

  3. Pastikan Legalitas Tempat Beli Emas

    Selain itu, pastikan juga tempatmu membeli emas dijamin legal dan kredibel. Pun jika memilih platform online, pilih layanan yang berlisensi, telah memiliki izin resmi dari BAPPEBTI, atau telah bekerja sama dengan penyedia emas yang berlisensi dan memiliki izin BAPPEBTI.

  4. Rajin Pantau Pergerakan Harga Emas

    Tips selanjutnya, harga emas yang terus berfluktuasi dan berubah-ubah setiap waktu mengharuskan investor rajin memantau pergerakannya seiring waktu. Dipengaruhi oleh tingkat permintaan dan penawaran pada pasar global, ada kalanya harga emas tumbuh dengan signifikan atau malah melandai. 

    Nah, jika harganya tengah melonjak, manfaatkan momen tersebut untuk menjual emas dan merealisasikan keuntungan. Meski begitu, dalam jangka panjang, harga emas hampir bisa dipastikan selalu meningkat dan memberikan imbal hasil menarik bagi investor. 

  5. Siapkan Tempat Penyimpanan yang Aman

    Ketika sudah membeli dan memiliki emas, usahakan kamu telah menyiapkan tempat penyimpanan yang aman. Biasanya, emas fisik disimpan pada brankas khusus yang hanya bisa diakses oleh pemiliknya saja. Tentunya, brankas tersebut harus dibeli dengan harga yang terbilang cukup menguras kantong. 

    Sebagai alternatif, kamu bisa menggunakan jasa investasi emas online karena penyimpanannya ditanggung pihak platform. Salah satu layanan investasi emas online yang terpercaya dan bisa kamu gunakan adalah Cermati. 

  6. Terus Menabung dengan Disiplin dan Konsisten

    Cara yang terakhir, agar sukses dan berhasil meraih tujuan yang telah ditetapkan, terus investasi dan menabung emas secara disiplin. Dengan perencanaan yang tepat dan menyesuaikan kondisi keuangan, konsisten investasi emas tentu bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Bila perlu, sisihkan nominal yang tetap dari gaji di awal agar target investasi bisa tepat waktu dicapai tanpa mengganggu arus keuangan.

Rekomendasi Investasi Emas di Cermati

Jika ingin berinvestasi emas dengan aman, praktis, dan menguntungkan, salah satu rekomendasi platform yang bisa kamu pilih adalah Cermati. Cermati sendiri adalah tempat di mana kamu bisa melakukan transaksi emas secara digital dan real time dengan modal awal mulai dari 10 ribu rupiah saja. 

Untuk bisa berinvestasi emas di Cermati, kamu bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Unduh dan pasang aplikasi Cermati.
  2. Buat akun. Kemudian, lakukan verifikasi. Cek caranya di sini.
  3. Setelah proses verifikasi berhasil, buka menu “Emas Digital” di halaman utama. Pilih “Beli”.
  4. Tentukan jumlah pembelian emas menggunakan nominal dalam Rp ataupun berat dalam gram.
  5. Setelah memasukkan jumlahnya, klik “Beli”.
  6. Kemudian, cek ringkasan pembelian.
  7. Jika sudah sesuai, klik “Bayar”.
  8. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan.
  9. Lakukan pembayaran dan tunggu konfirmasi pembelian.

Baca cara beli emas digital di Cermati selengkapnya di sini.

Jadi, Sudah Tahu Cara Investasi Emas dengan Aman dan Menguntungkan?

Tergantung dari kebutuhan, investasi emas bisa menjadi pilihan terbaik untuk meraih tujuan finansial. Dengan risiko yang minim, pertumbuhan harga stabil, dan ideal untuk jangka panjang, investasi emas kerap direkomendasikan ke investor pemula. Yang terpenting, pahami cara aman investasi emas di atas agar bisa merasakan keuntungannya secara maksimal.